Jumat, 25 Februari 2011

teori dukungan sosial

1.1.1 Pengertian dukungan sosial
            Pierce (dalam Kail and Cavanaug, 2000) mendefinisikan dukungan sosial sebagai sumber emosional, informasional atau pendampingan yang diberikan oleh orang- orang disekitar individu untuk menghadapi setiap permasalahan dan krisis yang terjadi sehari- hari dalam kehidupan. Diamtteo (1991) mendefinisikan dukungan sosial sebagai dukungan atau bantuan yang berasal dari orang lain seperti teman, tetangga, teman kerja dan orang- orang lainnya.
            Gottlieb (dalam Smet, 1994) menyatakan dukungan sosial terdiri dari informasi atau nasehat verbal maupun non verbal, bantuan nyata, atau tindakan yang didapatkan karena kehadiran orang lain dan mempunyai manfaat emosional atau efek perilaku bagi pihah penerima. Sarafino (2006) menyatakan bahwa dukungan sosial mengacu pada memberikan kenyamanan pada orang lain, merawatnya atau menghargainya. Pendapat senada juga diungkapkan oleh Saroson (dalam Smet, 1994) yang menyatakan bahwa dukungan sosial adalah adanya transaksi interpersonal yang ditunjukkan dengan memberikan bantuan pada individu lain, dimana bantuan itu umunya diperoleh dari orang yang berarti bagi individu yang bersangkutan. Dukungan sosial dapat berupa pemberian infomasi, bantuan tingkah laku, ataupun materi yang didapat dari hubungan sosial akrab yang dapat membuat individu merasa diperhatikan, bernilai, dan dicintai.
            Rook (1985, dalam Smet, 1994) mendefinisikan dukungan sosial sebagai salah satu fungsi pertalian sosial yang menggambarkan tingkat dan kualitas umum dari hubungan interpersonal yang akan melindungi individu dari konsekuensi stres. Dukungan sosial yang diterima dapat membuat individu merasa tenang, diperhatikan, timbul rasa percaya diri dan kompeten. Tersedianya dukungan sosial akan membuat individu merasa dicintai, dihargai dan menjadi bagian dari kelompok. Senada dengan pendapat diatas, beberapa ahli Cobb, 1976; Gentry and Kobasa, 1984; Wallston, Alagna and Devellis, 1983; Wills, 1984 : dalam Sarafino, 1998) menyatakan bahwa individu yang memperoleh dukungan sosial akan meyakini individu dicintai, dirawat, dihargai, berharga dan merupakan bagian dari lingkungan sosialnya. Menurut Schwarzer and Leppin, 1990 dalam Smet, 1994; dukungan sosial dapat dilihat sebagai fakta sosial atas dukungan yang sebenarnya terjadi atau diberikan oleh orang lain kepada individu (perceived support) dan sebagai kognisi individu yang mengacu pada persepsi terhadap dukungan yang diterima (received support).
            Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial adalah dukungan atau bantuan yangh berasal dari orang yang memiliki hubungan sosial akrab dengan individu yang menerima bantuan. Bentuk dukungan ini dapat berupa infomasi, tingkah laku tertentu, ataupun materi yang dapat menjadikan individu yang menerima bantuan merasa disayangi, diperhatikan dan bernilai.
1.1.2 Faktor- faktor yang mempengaruhi dukungan sosial
Menurut stanley (2007), faktor- faktor yang mempengaruhi dukungan sosial adalah sebagai berikut :
1.      Kebutuhan fisik
Kebutuhan fisik dapat mempengaruhi dukungan sosial. Adapun kebutuhan fisik meliputi sandang, pangan dan papan. Apabila seseorang tidak tercukupi kebutuhan fisiknya maka seseorang tersebut kurang mendapat dukungan sosial.
2.      Kebutuhan sosial
Dengan aktualisasi diri yang baik maka seseorang lebih kenal oleh masyarakat daripada orang yang tidak pernah bersosialisasi di masyarakat. Orang yang mempunyai aktualisasi diri yang baik cenderung selalu ingin mendapatkan pengakuan di dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu pengakuan sangat diperlukan untuk memberikan penghargaan.
3.      Kebutuhan psikis
Dalam kebutuhan psikis pasien pre operasi di dalamnya termasuk rasa ingin tahu, rasa aman, perasaan religius, tidak mungkin terpenuhi tanpa bantuan orang lain. Apalagi jika orang tersebut sedang menghadapi masalah baik ringan maupun berat, maka orang tersebut akan cenderung mencari dukungan sosial dari orang- orang sekitar sehingga dirinya merasa dihargai, diperhatikan dan dicintai.
1.1.3 Klasifikasi dukungan sosial
Menurut Cohen & Syme (1985), mengklasifikasikan dukungan sosial dalam 4 kategori yaitu :
1.      Dukungan informasi, yaitu memberikan penjelasan tentang situasi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah yang sedang dihadapi individu. Dukungan ini, meliputi memberikan nasehat, petunjuk, masukan atau penjelasan bagaimana seseorang bersikap.
2.      Dukungan emosional, yang meliputi ekspresi empati misalnya mendengarkan, bersikap terbuka, menunjukkan sikap percaya terhadap apa yang dikeluhkan, mau memahami, ekspresi kasih sayang dan perhatian. Dukungan emosional akan membuat si penerima merasa berharga, nyaman, aman, terjamin, dan disayangi.
3.      Dukungan instrumental adalah bantuan yang diberikan secara langsung, bersifat fasilitas atau materi misalnya menyediakan fasilitas yang diperlukan, meminjamkan uang, memberikan makanan, permainan atau bantuan yang lain.
4.      Dukungan appraisal atau penilaian, dukungan ini bisa terbentuk penilaian yang positif, penguatan (pembenaran) untuk melakukan sesuatu, umpan balik atau menunjukkan perbandingan sosial yang membuka wawasan seseorang yang sedang dalam keadaan stres.
Menurut Sheridan & Radmacher (1992)
Pendapat Sheridan & Radmacher (1992) menyatakan bahwa dukungan sosial merupakan transaksi interpersonal yang melibatkan aspek- aspek informasi, perhatian emosi, penilaian dan bantuan instrumental. Ciri- ciri setiap aspek tersebut oleh Smet (1994) dan Taylor (1995), dijelaskan sebagai berikut ;
1.      Informasi dapat berupa saran- saran, nasihat dan petunjuk yang dapat dipergunakan oleh korban dalam mencari jalan keluar untuk pemecahan masalahnya.
2.      Perhatian emosi berupa kehangatan, kepedulian dan dapat empati yang meyakinkan korban, bahwa dirinya diperhatiakan orang lain.
3.      Penilaian berupa penghargaan positif, dorongan untuk maju atau persetujuan terhadap gagasan atau perasaan individu lain.
4.      Bantuan instrumental berupa dukungan materi seperti benda atau barang yang dibutuhkan oleh korban dan bantuan finansial untuk biaya pengobatan, pemulihan maupun biaya hidup sehari- hari selama korban belum dapat menolong dirinya sendiri.
Menurut Wangmuba (2009)
Dukungan sosial mencakup dukungan informasi berupa saran nasehat, dukungan perhatian atau emosi berupa kehangatan, kepedulian dan empati, dukungan instrumental berupa bantuan meteri atau finansial dan penilaian berupa penghargaan positif terhadap gagasan atau perasaan orang lain.
Menurut House dalam Depkes (2002)
Menurut House dalam Depkes (2002) yang dikutip oleh Ninuk (2007;29), dukungan sosial diklasifikasikan menjadi 4 jenis yaitu ;
1.      Dukungan emosional
Dukungan ungkapan empati, kepedulian, dan perhatikan terhadap orang bersangkutan.
2.      Dukungan penghargaan
Terjadi lewat ungkapan hormat atau penghargaan positif untuk orang lain itu, dorongan maju atau persetujuan dengan gagasan perasaan individu dan perbandingan positif orang dengan orang lain misalnyaorang itu kurang mampu atau lebih buruk keadaannya atau menambah harga diri.
3.      Dukungan instrumental
Mencakup bantuan langsung misalnya dengan memberi pinjaman uang kepada orang yang membutuhkan atau menolong dengan memberi pekerjaan pada orang yang tidak punya pekerjaan.
4.      Dukungan informatif
Mencakup pemberian nasihat, saran, pengetahuan, informasi serta petunjuk.
Menurut Sheridan dan Radmacher (1992), Sarafino (1998) serta Taylor (1999); membagi dukungan sosial kedalam 5 bentuk, yaitu
1.      Dukungan instrumental (tangible or instrumental support)
Bentuk dukungan ini merupakan penyediaan materi yang dapat memberikan pertolongan langsung seperti pinjaman uang, pemberian barang, makanan serta pelayanan. Bentuk dukungan ini dapat mengurangi kecemasan karena individu dapat langsung memecahkan masalahnya yang berhubungan dengan materi. Dukungan instrumental sangat diperlukan dalam mengatasi masalah yang dianggap dapat dikontrol.
2.      Dukungan informasional (informational support)
Bentuk dukungan ini melibatkan pemberian informasi, pengetahuan, petunjuk, saran atau umpan balik tentang situasi dan kondisi individu. Jenis informasi seperti ini dapat menolong individu untuk mengenali dan mengatasi masalah dengan lebih mudah.
3.      Dukungan emosional (emotional support)
Bentuk dukungan ini melibatkan rasa empati, ada yang selalu mendampingi, adanya suasanya kehangatan, dan rasa diperhatikan akan membuat individu memiliki perasaan nyaman, yakin, diperdulikan dan dicintai oleh sumber dukungan sosial sehingga individu dapat menghadapi masalah dengan lebih baik. Dukungan ini sangat penting dalam menghadapi keadaan yang dianggap tidak dapat dikontrol.
4.      Dukungan pada harga diri (esteem support)
Bentuk dukungan ini berupa penghargaan positif pada individu, pemberian semangat, persetujuan pada pendapat individu dan perbandingan yang positif dengan individu lain. Bentuk dukungan ini membantu individu dalam membangun harga diri dan kompetensi.
5.      Dukungan dari kelompok sosial (network support)
Bentuk dukungan ini akan membuat individu merasa menjadi anggota dari suatu kelompok yang memiliki kesamaan minat dan aktivitas sosial dengan kelompok. Dengan begitu individu akan memiliki perasaan senasib.
1.1.4 Cakupan dukungan sosial
Menurut Saranson (1983) yang dikutip oleh Kuntjoro (2002), dukungan sosial itu selalu mencakup 2 hal yaitu ;
1.      Jumlah sumber dukungan sosial yang tersedia
Merupakan persepsi individu terhadap sejumlah orang yang dapat diandalkan saat individu membutuhkan bantuan (pendekatan berdasarkan kuantitas).
2.      Tingkat kepuasan akan dukungan sosial yang diterima
Tingkatan kepuasan akan dukungan sosial yang diterima berkaitan dengan persepsi individu bahwa kebutuhannya akan terpenuhi (pendekatan berdasarkan kualitas).
1.1.5 Sumber- sumber dukungan sosial
Menurut Rook dan Dootey (1985) yang dikutip oleh Kuntjoro (2002), ada 2 sumber dukungan sosial yaitu sumber artifisial dan sumber natural.
1.      Dukungan sosial artifisial
Dukungan sosial artifisial adalah dukungan sosial yang dirancang ke dalam kebutuhan primer seseorang, misalnya dukungan sosial akibat bencana alam melalui berbagai sumbangan sosial.
2.      Dukungan sosial natural
Dukungan sosial yang natural diterima seseorang melalui interaksi sosial dalam kehidupanya secara spontan dengan orang- orang yang berada di sekitarnya, misalnya anggota keluarga (anak, isteri, suami dan kerabat), teman dekat atau relasi. Dukungan sosial ini bersifat non- formal.
Sumber dukungan sosial yang bersifat natural berbeda dengan sumber dukungan sosial yang bersifat artifisial dalam sejumlah hal. Perbedaan tersebut terletak dalam hal sebagai berikut ;
1.      Keberadaan sumber dukungan sosial natural bersifat apa adanya tanpa dibuat- buat sehingga lebih mudah diperoleh dan bersifat spontan.
2.      Sumber dukungan sosial yang natural memiliki kesesuaian dengan norma yang berlaku tentang kapan sesuatu harus diberikan.
3.      Sumber dukungan sosial yang natural berakar dari hubungan yang telah berakar lama.
4.      Sumber dukungan sosial yang natural memiliki keragaman dalam penyampaian dukungan sosial, mulai dari pemberian barang- barang nyata hingga sekedar menemui seseorang dengan penyampaian salam.
5.      Sumber dukungan sosial yang natural terbebas dari beban dan label psikologis .
Menurut Wangmuba (2009), sumber dukungan sosial yang natural terbebas dari beban dan label psikologis terbagi atas ;
1.      Dukungan sosial utama bersumber dari keluarga
Mereka adalah orang- orang terdekat yang mempunyai potensi sebagai sumber dukungan dan senantiasa bersedia untuk memberikan bantuan dan dukungannya ketika individu membutuhkan. Keluarga sebagai suatu sistem sosial, mempunyai fungsi- fungsi yang dapat menjadi sumber dukungan utama bagi individu, seperti membangkitkanpersaan memiliki antara sesama anggota keluarga, memastikan persahabatan yang berkelanjutan dan memberikanrasa aman bagi anggota- anggotanya.
Menurut  Argyle (dalam Veiel & Baumann,1992), bila individu dihadapkan pada suatu stresor maka hubungan intim yang muncul karena adanya sistem keluarga dapat menghambat, mengurangi, bahkan mencegah timbulnya efek negatif stresor karena ikatan dalam keluarga dapat menimbulkan efek buffering (penangkal) terhadap dampak stresor. Munculnya efek ini dimungkinkan karena keluarga selalu siap dan bersedia untuk membantu individu ketika dibutuhkan serta hubungan antar anggota keluarga memunculkan perasaan dicintai dan mencintai. Intinya adalah bahwa anggota keluarga merupakan orang- orang yang penting dalam memberikan dukungan instrumental, emosional dan kebersamaan dalam menghadapi berbagai peristiwa menekan dalam kehidupan.
2.      Dukungan sosial dapat bersumber dari sahabat atau teman.
Suatu studi yang dilakukan oleh Argyle & Furnham (dalam Veiel & Baumann,1992) menemukan tiga proses utama dimana sahabat atau teman dapat berperan dalam memberikan dukungan sosial. Proses yang pertama adalah membantu meterial atau instrumental. Stres yang dialami individu dapat dikurangi bila individu mendapatkan pertolongan untuk memecahkan masalahnya. Pertolongan ini dapat berupa informasi tentang cara mengatasi masalah atau pertolongan berupa uang. Proses kedua adalah dukungan emosional. Perasaan  tertekan dapat dikurangi dengan membicarakannya dengan teman yang simpatik. Harga diri dapat meningkat, depresi dan kecemasan dapat dihilangkan dengan penerimaan yang tulus dari sahabat karib. Proses yang ketiga adalah integrasi sosial. Menjadi bagian dalam suatu aktivitas waktu luang yang kooperatif dan diterimanya seseorang dalam suatu kelompok sosial dapat menghilangkan perasaan kesepian dan menghasilkan perasaan sejahtera serta memperkuat ikatan sosial.
3.      Dukungan sosial dari masyarakat, misalkan yang peduli terhadap korban kekerasan.
Dukungan ini mewakili anggota masyarakat pada umumnya, yang dikenal dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan dilakukan secara profesional sesuai dengan kompetensi yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Hal ini berkaitan dengan faktor- faktor yang mempengaruhi efektifitas dukungan sosial yaitu pemberi dukungan sosial. Dukungan yang diterima melalui sumber yang sama akan lebih mempunyai arti dan berkaitan dengan kesinambungan dukungan yang diberikan, yang akan mempengaruhi keakraban dan tingkat kepercayaan penerima dukungan.
Proses yang terjadi dalam pemberian dan penerimaan dukungan itu dipengaruhi oleh kemampuan penerima dukungan untuk mempertahankan dukungan yang diperoleh. Para peneliti menemukan bahwa dukungan sosial ada kaitannya dengan pengaruh- pengaruh positif bagi seseorang yang mempunyai sumber- sumber personal yang kuat. Kesehatan fisik individu yang memiliki hubungan dekat dengan orang lain akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan individu yang terisolasi.
1.1.6 Komponen- komponen dalam dukungan sosial
Para ahli berpendapat bahwa dukungan sosial dapat dibagi ke dalam berbagai komponen yang berbeda- beda. Misalnya menurut Weiss Cutrona dkk (994;371) yang dikutip oleh Kuntjoro (2002), mengemukakan adanya 6 komponen dukungan sosial yang disebut sebagai “The social provision scale” ,dimana masing- masing komponen dapat berdiri sendiri- sendiri, namun satu sama lain saling berhubungan. Adapun komponen- komponen tersebut adalah ;
1.      Kerekatan emosional (Emotional Attachment)
Merupakan perasaan akan kedekatan emosional dan dan rasa aman. Jenis dukungan sosial semacam ini memungkinkan seseorang memperoleh kerekatan emosional sehingga menimbulkan rasa aman bagi yang menerima. Sumber dukungan sosial semacam ini yang paling sering dan umum adalah diperoleh dari pasangan hidup atau anggota keluarga atau teman dekat atau sanak saudara yang akrab dan memiliki hubungan yang harmonis.
2.      Integrasi sosial (social integrasion)
Merupakan perasaan menjadi bagian dari keluarga, tempat seseorang berada dan tempat saling berbagi minat dan aktivitas. Jenis dukungan sosial semacam ini memungkinkan seseorang untuk memperoleh perasaan memiliki suatu keluarga yang memungkinkanya untuk membagi minat, perhatian serta melakukan kegiatan yang sifatnya rekreatif atau secara bersamaan. Sumber dukungan semacam ini memungkinkan mendapat rasa aman, nyaman serta memiliki dan dimilki dalam kelompok.
3.      Adanya pengakuan (Reanssurance of Worth)
Meliputi pengakuan akan kompetensi dan kemampuan seseorang dalam keluarga. Pada dukungan sosial jenis ini seseorang akan mendapat pengakuan atas kemampuan dan keahliannya serta mendapat penghargaan dari orang lain atau lembaga. Sumber dukungan semacam ini dapat berasal dari keluarga atau lembaga atau instansi atau perusahaan atau organisasi dimana seseorang bekerja.
4.      Ketergantungan yang dapat diandalkan (Reliable alliance)
Meliputi kepastian atau jaminan bahwa seseorang dapat mengharapkan keluarga untuk membantu semua keadaan. Dalam dukungan sosial jenis ini, seseorang akan mendapatkan dukungan sosial berupa jaminan bahwa ada orang yang dapat diandalkan bantuannya ketika sseorang membutuhkan bantuan tersebut. Jenis dukungan sosial ini pada umunya berasal dari keluarga. 
5.      Bimbingan (Guidance)
Dukungan sosial jenis ini adalah adanya hubungan kerja ataupun hubungan sosial yang dapat memungkinkan seseorang mendapat informasi, saran, atau nasehat yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan dan mangatasi permasalahan yang dihadapi. Jenis dukungan sosial ini bersumber dari guru, alim ulama, pamong dalam masyarakat, dan juga figur yang dituakan dalam keluarga.
6.      Kesempatan untuk mengasuh (Opportunity for Nurturance)
Suatu aspek penting dalam hubungan interpersonal akan perasaan yang dibutuhkan oleh orang lain. Jenis dukungan sosial ini memungkinkan seseorang untuk memperoleh perasaan bahwa orang lain tergantung padanya untuk memperoleh kesejahteraan. Sumber dukungan sosial ini adalah keturunan (anak- anaknya) dan pasangan hidup.
7.      Aspek hubungan sosial pada pasien
Seseorang yang hubungannya dekat dengan keluarganya akan mempunyai kecenderungan lebih sedikit untuk stres  dibandingkan seseorang yang hubungannya jauh dengan keluarga (Stanley, 2007).
Heller dkk (1986) mengemukakan ada 2 komponen dukungan sosial, yaitu;
1.      Penilaian yang mempertinggi penghargaan
Komponen penilaian yang mempertinggi penghargaan mengacu pada penilaian seseorang terhadap pandangan orang lain kepada dirinya. Seseorang menilai seksama evaluasi seseorang terhadap dirinya dan percaya dirinya berharga bagi orang lain. Tindakan orang lain yang menyokong harga diri seseorang, semangat juang dan kehidupan yang baik.
2.      Transaksi interpersonal yang berhubungan dengan kecemasan
Komponen transaksi interpersonal yang berhubungan dengan  kecemasan mengacu pada adanya seseorang yang memberikan bantuan ketika ada masalah. Seseorang memberikan bantuan untuk memecahkan masalah dengan menyediakan informasi untuk menjelaskan situasi yang berhubungan dengan kecemasan. Bantuan ini berupa dukungan emosional, kognitif yang distruktur ulang dan bantuan instrumental.
1.1.7 Bentuk dukungan sosial
Menurut Kaplan and Saddock (1998), adapun bentuk dukungan sosial adalah sebagai berikut ;
1.      Tindakan atau perbuatan
Bentuk nyata dukungan sosial berupa tindakan yang diberikan oleh orang disekitar pasien, baik dari keluarga, teman dan masyarakat.
2.      Aktivitas religius atau fisik
Semakin bertambahnya usia maka perasaan religiusnya semakin tinggi. Oleh karena itu aktivitas religius dapat diberikan untuk mendekatkan diri pada Tuhan .
3.      Interaksi atau bertukar pendapat
Dukungan sosial dapat dilakukan dengan interaksi antara pasien dengan orang- orang terdekat atau di sekitarnya, diharapkan dengan berinteraksi dapat memberikan masukan sehingga merasa diperhatikan oleh orang di sekitarnya.
1.1.8 Dampak dukungan sosial
Dukungan sosial merupakan bantuan atau dukungan yang diterima individu dari orang- orang tertentu dalam kehidupannya. Diharapkan dengan adanya dukungan sosial maka seseorang akan merasa diperhatikan, dihargai dan dicintai. Dengan pemberian dukungan sosial yang bermakna maka seseorang akan mengatasi rasa cemasnya terhadap pembedahan yang akan dijalaninya (Suhita, 2005).
Dukungan sosial dapat memberikan kenyamanan fisik dan psikologis kepada individu dapat dilihat dari bagaimana dukungan sosial mempengaruhi kejadian dan efek dari keadaan kecemasan. Lieberman (1992) mengemukakan bahwa secara teoritis dukungan sosial dapat menurunkan munculnya kejadian yang dapat mengakibatkan kecemasan. Apabila kejadian tersebut muncul, interaksi dengan orang lain dapat memodifikasi atau mengubah persepsi individu pada kejadian tersebut dan oleh karena itu akan mengurangi potensi munculnya kecemasan.
Dukungan sosial juga dapat mengubah hubungan antara respon individu pada kejadian yang dapat menimbulkan kecemasan. Kecemasan itu sendiri mempengaruhi strategi untuk mengatasi kecemasan dan dengan begitu memodifikasi hubungan antara kejadian yang menimbulkan kecemasan dan efeknya. Pada derajat dimana kejadian yang menimbulkan kecemasan mengganggu kepercayaan diri dan dukungan sosial dapat memodifikasi efek itu.
Sheridan and Radmacher (1992), Rutter, dkk. (1993), Sarafino (1998) serta Taylor (1999); mengemukakan 2 model untuk menjelaskan bagaimana dukungan sosial dapat mempengaruhi kejadian dan efek dari keadaan kecemasan, yaitu;
1.      Model efek langsung
Model ini melibatkan jaringan sosial yang besar dan memiliki efek positif pada kesejahteraan. Model ini berfokus pada hubungan dan jaringan sosial dasar. Model ini juga dideskripsikan sebagai instruktur dari dukungan sosial yang meliputi faktor status perkawinan, keanggotaan dalam suatu kelompok, peran sosial dan keikutsertaan dalam kegiatan keagamaan.
2.      Model buffering
Model ini berfokus pada aspek dari dukungan sosial yang berperilaku sebagai buffer dalam mempertahankan diri dari efek negatif dari kecemasan. Model ini mengacu pada sumber daya interpersonal yang akan melindungi individu dari efek negatif kecemasan dengan memberikan kebutuhan khusus yang disebabkan oleh kejadian yang mengakibatkan kecemasan. Model ini bekerja dengan mengerahkan kembali hal- hal yang menimbulkan kecemasan atau mengatur keadaan emosional yang disebabkan oleh hal- hal tersebut. Model ini berfokus pada fungsi dukungan sosial yang melibatkan kualitas hubungan sosial yang ada.
Dukungan sosial ternyata tidak hanya memberikan efek positif dalam mempengaruhi kejadian dari efek kecemasan. Dalam Sarafino (1998) disebutkan beberapa contoh efek negatif yang timbul dari dukungan sosial, antara lain ;
1.      Dukungan yang tersedia tidak dianggap sebagai sesuatu yang membantu. Hal ini dapat terjadi karena dukungan yang diberikan tidak cukup, individu merasa tidak perlu dibantu atau terlalu khawatir secara emosional sehingga tidak memperhatikan dukungan yang diberikan.
2.      Dukungan yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan individu.
3.      Sumber dukungan memberikan contoh buruk pada individu seperti melakukan atau menyarankan perilaku tidak sehat.
4.      Terlalu menjaga atau tidak mendukung individu dalam melakukan sesuatu yang diinginkannya. Keadaan ini dapat mengganggu program rehabilitasi yang seharusnya dilakukan oleh individu dan menyebabkan individu menjadi tergantung pada orang lain.
1.1.9 Dimensi dukungan sosial
Menurut Jacobson (1986), dukungan sosial meliputi 3 hal, diantaranya ;
1.      Emotional support, meliputi ; perasaan nyaman, dihargai, dicintai dan diperhatikan.
2.      Cognitive support, meliputi ; informasi, pengetahuan dan nasehat.
3.      Material support, misalnya ; bantuan atau pelayanan berupa sesuatu barang dalam mengatasi masalah.
2.2.10 Kategori dukungan sosial
Menurut Nursalam (2003), dukungan sosial keluarga dikategorikan menjadi ;
1.      Dukungan sosial kurang dengan skor < 7
2.      Dukungan  sosial cukup dengan skor 8 - 13
3.      Dukungan  sosial kurang dengan skor 14 – 20

238 komentar:

  1. blh minta referensi buku nya apa saja??

    BalasHapus
  2. minta referensi buku nya boLeh...?? ^^

    BalasHapus
  3. minta referensi bukunya dong :)

    BalasHapus
  4. Boleh minta referensi bukunya khususnya faktor yang mempengaruhi dukungan sosial?? makasih ya...

    BalasHapus
  5. kalau boleh dan bisa, saya minta referensi buku dan daftar pustaka yang berkaitan dengan dukungan sosial. dikirim ke email nikenwulandaris@yahoo.co.id
    terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  6. boleh minta referensi bukunya dong mbk :)

    BalasHapus
  7. boleh minta referensinya dong mba.. :) ke jibriliantin@gmail.com hehe

    BalasHapus
  8. boleh minta referensi bukunya nggak mbak,.; kirim ke jrstars@ymail.com

    BalasHapus
  9. mb... bisa minta referensi bukunya.. makasih :)
    kirim ke email meda.febronia@gmail.com
    makasih mb :)

    BalasHapus
  10. bisa minta referensi bukunya kak...
    lewat email juga boleh kak iethamutz91@gmail.com
    makasih mba :-)

    BalasHapus
  11. Minta referensi bukunya mbak..mksh

    BalasHapus
  12. saya minta referensi bukunya mbak, kirim aja ke ebinvalen@gmail.com
    makasih ^^

    BalasHapus
  13. boleh minta referensi bukunya tidak?
    jika boleh.. tolong kirimkan k dhewoon@gmail.com
    makasih banyak.. ^^

    BalasHapus
  14. Teorinya sangat beragam, Saya sedang menyusun skripsi mengenai dukungan sosial, boleh minta referensi bukunya tidak?kalau boleh, tolong kirim ke yuanawijaya99@live.com Terima Kasih banyak :)

    BalasHapus
  15. Mba saya sedang butuh teori2 tentang dukungan sosial, kalo boleh, referensi bukunya tolong dikirim ke alfiana_m@ymail.com
    Terima kasih banyak :)

    BalasHapus
  16. mba, aku minta referensi bukunyanya ya. kalau boleh tolong kirim ke email aldilaayu.sugama@yahoo.com. makasih banyak..

    BalasHapus
  17. kak, bs minta referensinya? klo boleh tolong kirim ke r3nch3n@gmail.com
    thanks ya...^^

    BalasHapus
  18. mbak bs mintak referensinya ?
    kalau boleh tlng di kirim ke herisaputra1989@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  19. mbk maaf minta referensi bukunya please,,, kirim ke fulldian@gmail.com

    BalasHapus
  20. Mbak kalau boleh saya minta sumber buku referensinya blh tidak,
    Mohon kirim ke die.yunta@gmail.com
    saya sedang menyusun tesisi,jadi mohon bantuannya
    terima kasih :)

    BalasHapus
  21. mbak kalo boleh minta referensi bukunya, saya dalam proses pengerjaan skripsi membutuhkan teori dukungan sosial sebagai penunjang skripsi saya...
    mohon dikirim ke email, Fransiska71@gmail.com
    terimakasih banyak atas bantuan dan dukungannya mbak,, Tuhan yang membalas kebaikan mbak... :))

    BalasHapus
  22. boleh minta daftar pustakanya? klo boleh kirim ke selviaichwani@gmail.com

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. bisa kirim daftar pustakanya ke kharissab@gmail.com

    BalasHapus
  25. boleh minta referensinya? tolong dikrim ya. riee_land@yahoo.co.id atau rilanraditya@gmail.com terima kasih:)

    BalasHapus
  26. Boleh minta referensinya buku apa aja yg menbahas dukungan sosial kirim ke email saya tiawildan25@yahoo.co.id

    BalasHapus
  27. Mba boleh minta referensinya? tolong kirim ke yaniedwi12@yahoo.com terima kasih :)

    BalasHapus
  28. boleh minta refrensi bukunya kak kirim ke anantopsi@yahoo.co.id ya kak terima kasih

    BalasHapus
  29. boleh minta referensi buku buku yg berisi teori dukungan sosial nya? dikirim via email: novi.geovani16@gmail.com untuk kepentingan skripsi. mohon sekali, terimakasib sebelumnya :)

    BalasHapus
  30. mb..boleh mnta referensinya ..krim ke: vantrieka@gmail.com
    trmaksh mb :)

    BalasHapus
  31. mau dong jeng referensi nya kirim ke leni_2022@yahoo.com
    Tulisanmu bagus banget lhooooo....

    BalasHapus
  32. Asw, bisa minta referensi bukunya??
    makasih,,,

    BalasHapus
  33. bagus nih, ,boleh minta refrensi.a ga? klo boleh bisa kirim k ( gunawan.rifai3@gmail.com ) terimakasih sebelumnya :-)

    BalasHapus
  34. Bolehkah minta referensinya..? klo boleh bisa dikirim ke sini: zee_edine@ymail.com / zenedine.profit89@gmail.com maksih..

    BalasHapus
  35. Salam kenal mba kartika :-). Maaf mba...jika berkenan saya jg mau tau dong referensi buku2nya via ademahmudahkurniati@gmail.com. Thx before mba kartika sari :-)

    BalasHapus
  36. maaf mba saya mahasiswa tingkat akhir yang sedang meneliti tentang dukungan sosial, apabila berkenan tolong kirimkan saya referensi bukunya. terima kasih banyak apabila berkenan membantu. ini alamat email saya : maulana_alfaqir@ymail.com

    BalasHapus
  37. boleh saya minta referensi bukunya? terima kasih..
    tolong kirimkan ke email saya fortinaluisa@gmail.com

    BalasHapus
  38. mbak bisa minta referensinya? saya mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, kalau boleh bisa tolong di kirim ke email saya ayupiem@gmail.com

    BalasHapus
  39. mbak, saya juga boleh minta referensinya? Tolong dikirimkan ke ntoelaras@gmail.com Terimakasih.

    BalasHapus
  40. mbak.. boleh minta referensinya? kalau boleh tolong kirim ke email saya theresiadien92@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  41. mbak,, boleh minta referensinya buat mbak? buat skripsi..
    kalau boleh, tolong kirim ke zaqiaalkatiri@gmail.com
    Makasiiihh,, ;)

    BalasHapus
  42. mbak, boleh saya minta referensinya? buat skripsi..
    kalau boleh tolong dikirim ke ai.aihanna.hanna@gmail.com
    Terima kasih.. :)

    BalasHapus
  43. mbak, boleh saya minta referensinya? buat skripsi..
    kalau boleh tolong dikirim ke agustaufiq14@gmail.com
    Terima kasih.. :)

    BalasHapus
  44. mbak minta refrensinya dong. kirim ke randiagungpranata@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  45. mba, boleh minta referensinya ? tolong kirim ke fiona.sabrina@yahoo.com thanks a lot ya

    BalasHapus
  46. mba bisa saya juga minta referensinya saya sedang menggarap skripsi dengan variabel yg sama , kirim ke miftahpanda@gmail.com, makasih semoga mba masuk surga bi ghairi hisab

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Ass. Wr. Wb mba
    .
    Saya lagi nulis TA nih
    kebetulan saya make teori ini,
    jadi bisa minta referensi bukunya nggak/daftar pustakanya
    kalau bisa i kirim yah ke email ini
    delianbpp@gmail.com
    .
    Makasiii mba :):))

    BalasHapus
  49. Ass. Wr. Wb mba
    .
    Saya lagi nulis TA nih
    kebetulan saya make teori ini,
    jadi bisa minta referensi bukunya nggak/daftar pustakanya
    kalau bisa i kirim yah ke email ini
    delianbpp@gmail.com
    .
    Makasiii mba :):))

    BalasHapus
  50. mba, saya butuh sekali referensinya, minta tolong dong dikirim ke email: indrapadang2000@gmail.com
    sebelumnya makasih ya mba...

    BalasHapus
  51. mba... boleh minta referensinya gak?
    saya lagi mengerjjakan skripsi tentang judul ini...
    kalo bleh tolong dikirim ke email saya ya mba. wehappygirls139@gmail.com
    makaasih sebelumnya mba

    BalasHapus
  52. Mbak boleh minta refensi bukunya? Boleh ke mail saya mbak arifianisaa@gmail.com Terimakasih mbak sebelumnya. Refensinya sangat berarti mbak, atau ada yang tau mbak/mas yang baca. refensi buku apa ya?

    BalasHapus
  53. mbk, boleh minta referensi buku untuk dukungan sosial ini gak?klo boleh aq minta tolong kirim ke email aq ya mbk fitriarieseva@gmail.com. trima kasih mbk sebelumnya.

    BalasHapus
  54. terima kasih atas artikel yang anda tuliskan tentang dukungan sosial tersebut, sangat membantu saya dalam menulis skripsi. saya ingin meminta refrensi buku yang digunakan oleh anda dalam artikel tersebut. jika boleh mohon kirimkan ke email saya karina94.kp@gmail.com Terima kasih

    BalasHapus
  55. kak terimakasih artikelnya :)
    ini berkaitan dengan tugas kuliah bk pribadi sosial
    kak boleh minta buku/jurnal referensinya?
    di kirim ke email :: murdina126@gmail.com

    BalasHapus
  56. kak boleh minta referensi bukunya ?
    kirim ke email kartika190792@gmail.com
    terima kasih kakak :)

    BalasHapus
  57. kak boleh mnta referensi bukunya gak? aku lagi nyusun skripsi tentang dukungan sosial, bisa mnta tolong kirimi refernsi nya ke email aku gyuni80@yahoo.com

    BalasHapus
  58. kak mohon bantuan daftar pustakanya yaa di rj.fikri.rjf@gmail.com
    trima kasih :)

    BalasHapus
  59. Mohon bantuan untuk daftar pustakanya, untuk penyusunan tugas. Mohon kirim ke yashinta_ayu@rocketmail.com

    BalasHapus
  60. Asslm. Mbak boleh minta refensi bukunya??? kalau boleh tolong kirimkan lewat email saya riskaandriani366@gmail.com
    trimaksh..

    BalasHapus
  61. Permisi, boleh saya minta referensi buku dan jurnal terkaitnya?

    Email saya : far.of.miles@gmail.com

    Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
  62. Hari yang baik,


    Kami Tawarkan Swasta, Komersial dan Pinjaman Pribadi dengan Tingkat Bunga tahunan yang sangat Minimal Low 0,2% dalam 1 tahun sampai 20 tahun pembayaran periode durasi untuk setiap bagian dari dunia. Kami memberikan pinjaman dalam kisaran $ 3.000 untuk $ 90.000.000 USD. Pinjaman kami baik diasuransikan untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami.

    Apakah Anda kehilangan tidur di malam mengkhawatirkan bagaimana untuk mendapatkan Lender Pinjaman Legit? Apakah Anda menggigit kuku Anda untuk cepat? Alih-alih menghukum diri Anda, hubungi Mobil Pinjaman Keuangan Exxon sekarang, spesialis Pinjaman yang membantu menghentikan Sejarah Buruk Kredit, untuk menemukan solusi win-win yang Misi kami.

    Orang yang tertarik harus mengisi Formulir Aplikasi di bawah ini. E-mail kami Att; exxonmobil191@outlook.com
    1) Nama Lengkap: ............
    2) Sex: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan Bulanan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....
    9) Durasi Pinjaman: ...............
    10) Tujuan Pinjaman: ...........

    Terima kasih atas kerja sama Anda

    Mr Rico Stone.
    E-mail: exxonmobil191@outlook.com

    BalasHapus
  63. Aslm mbak boleh minta refrensi bukunya. Lagi butuh bnget ini. Trimakasih mbak sebelumnya kirim ke email sy mbak.klau boleh sifha123@yahoo.com

    BalasHapus
  64. assalamualaikum,, mbak ulasan mengenai dukungan sosialnya sangat beragam, saya boleh minta referensinya untuk penulisan skripsi saya mbak?
    boleh dikirim ke email putrisalsyabela@gmail.com
    trims mbak :)

    BalasHapus
  65. kak boleh mintak referensi tentang dukungan sosial kak, kalau boleh kirim ke rita.tanan@gmail.com . terimakasih

    BalasHapus
  66. Mbak boleh minta referensi bukunya yg tentang dukungan keluarga sma kecemasan mbk, klw mbk bisa krim y mbk d riris.latrikurnia@gmail.com mksiihh mbk sblum y

    BalasHapus
  67. Mbak, boleh kirimkan referesinya ke alamat email saya. mahmudahsiti09@gmail.com

    BalasHapus
  68. Mbak, boleh kirimkan referesinya ke alamat email saya, oliverdiun@gamil.com
    Terimkasih

    BalasHapus
  69. Mba boleh minta referensi nya gak???ke alamat alibido_Konseling@yahoo.co.id

    BalasHapus
  70. siang mba tika, tulisannya bagus,boleh minta refrensi bukunya, ke mayang.oramahi@yahoo.com,makasih banyak y mba atas bantuannya...

    BalasHapus
  71. mba, bisa minta referensi buku atau daftar pustakanya? kalau berkenan tolong kirim ke alamat email agustinilia483@gmail.com
    terima kasih banyak mba

    BalasHapus
  72. selamat pagi mba, maaf boleh minta referensi untuk pembahasan di atas?
    kalau boleh, mohon kirim ke email rihollmarlina@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  73. Mbak saya boleh minta refrensinya ngga? Lagi ngerjain skripsi, tolong dikirim ke gungmasmitha@gmail.com terimakasih sebelumnya 🙏

    BalasHapus
  74. minta refrensinya dong ke rama_b94@yahoo.com terimakasih

    BalasHapus
  75. mba,saya sedang mengerjakan skripsi terkait dukungan sosial. Minta referensinya ya mbak :)tolong dikirim ke mutianovita79@gmail.com terimakasih.

    BalasHapus
  76. Mbk minta teverensinya cz tolong bgt mbk lagi bingung kirim roisunisak@gmail.com trimaksih

    BalasHapus
  77. saya juga mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penelitian tentang itu ,
    bolekah saya minta referesnsi bukunya ?
    tlong krimkan ke 462012038@student.uksw.edu
    makasih sebelunya

    BalasHapus
  78. mbak, saya boleh minta referensinya, kalau bisa tolong dikirim ke email saya ke marlinagesitorus@yahoo.co.id , terima kasih

    BalasHapus
  79. Assalamu'alaikum.
    Kak, saya boleh minta referensi bukunya?
    Kalau boleh tolong kirimkan ke email saya eeeennnyy@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  80. mba kartika boleh nda sya minta referensi buku yang dipakai???kalau boleh tolong kirimkan ke email saya miratule.mt@gmail.com....terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  81. MBAK, MINTA TOLONGKAH SAYA DI EMAILKAN REFERENSINYA. MHN BANTUANNYA MBAK, SAYA LAGI NMENYUSUN PENELITIAN. BISA DI EMAIL DI : novitauncen@gamail.com

    BalasHapus
  82. Boleh minta referensi bukunya mbak ? Soalnya saya lagi nyusun skripsi mengenai dukungan sosial dengan stres. Kalau boleh tolong kirimkan ke email saya. Jonirahman34@gmail.com

    BalasHapus
  83. mbak boleh mintak refensinya..? soalnya saya mau nyusun skrip dukungan sosial dengan kualitas hidup ibu post partum. kalu boleh tolong kirim ke email saya ya.. mbak. specsrudy12@gmail.com

    BalasHapus
  84. boleh minta referensi daftar pustaka? untuk keperluan menyusun skripsi. terima kasih
    muhammadarsela@gmail.com

    BalasHapus
  85. Kak boleh minta tlg dikirimkan referensinya ke cindimeidiana@gmail.com ? Saya sedang menyusun skripsi ttg dukungan sosial. Terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
  86. kak boleh minta referesinya, saya sedang menyusun skripsi tentang dukungan sosial. terima kasih.
    Michelleguerra933@gmail.com

    BalasHapus
  87. mbk bisa kirimkan refrensi nya saya mau menyusun skripsi di bulan ini. di e-mail farhanahumamah@gmail.com

    BalasHapus
  88. Apakah Anda mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank tidak berhasil? Sangat membutuhkan uang untuk keluar dari utang? Butuh uang untuk ekspansi atau pembentukan bisnis Anda sendiri? Mendapatkan pinjaman dari salah satu perusahaan pinjaman terkemuka di Inggris. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi via email: larryfox2016@gmail.com

    BalasHapus
  89. Kak boleh minta referensinya untuk menyusun proposal tps saya �� kalo boleh kirim di email ya kak di risharetnowati@ymail.com terimakasih kak.

    BalasHapus
  90. Kak boleh minta referensinya untuk menyusun proposal tps saya �� kalo boleh kirim di email ya kak di risharetnowati@ymail.com terimakasih kak.

    BalasHapus
  91. Halo,
    Saya Juan Diego, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (diegosaintloans@outlook.com)

    BalasHapus
  92. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  93. Peluang pinjaman di depan pintu Anda langkah

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak?
    Membutuhkan pinjaman bisnis?
    Membutuhkan pinjaman untuk investasi Anda?
    Membutuhkan pinjaman untuk membiayai masalah Anda?
    Butuh pinjaman pribadi?
    Membutuhkan pinjaman bisnis dan industri pinjaman?

    Untuk benar memperkenalkan diri, saya Carl Davids pemberi pinjaman pribadi saya memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%. Ini adalah keuangan
    kesempatan pada langkah pintu Anda hari ini dan mendapatkan loan.There instan banyak di luar sana mencari pilihan keuangan atau membantu di sekitar tempat dan masih tidak bisa mendapatkan satu. Tapi itu adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini. Layanan ini untuk perorangan, perusahaan, pebisnis dan women.The jumlah pinjaman berkisar tersedia dari $ 1,000.00 sampai $ 500.000.000,00, atau nomor pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di: carl.davidsloanfirm@gmail.com


    Seperti menunggu respons yang cepat,
    Salam Hangat, Carl Davids

    BalasHapus
  94. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  95. Assalamulaikum, wr.wb kak bisa minta referensi bukunya? buat skripsi kak.. bila berkenan krim di email auliaprasetyani@gmail.com terimaksih kak,,

    BalasHapus
  96. Malem mbak atau mas, saya sedang menyusun skripsi yg membutuhkan teori tentang dukungan sosial, bolehkah saya meminta refrensi bukunya? Tolong kirim ke Email saya. Madethresnayamay@gmail.com terimakasih.

    BalasHapus
  97. Malem mbak atau mas, saya sedang menyusun skripsi yg membutuhkan teori tentang dukungan sosial, bolehkah saya meminta refrensi bukunya? Tolong kirim ke Email saya. Madethresnayamay@gmail.com terimakasih.

    BalasHapus
  98. Selamat sore kakak, saya sedang menyusun skripsi juga tentang dukungan sosial, Kalau boleh saya minta referensi juga nih? Tolong kirim ke Email saya. kevinjs7777777@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  99. Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? Apakah perusahaan Anda, perusahaan atau industri memerlukan bantuan keuangan? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk memulai bisnis Anda? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk memperluas bisnis Anda? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang tertarik yang mencari pinjaman dengan itikad baik. Apakah Anda serius membutuhkan kontak pinjaman mendesak kami di Email: exxonmobil191@outlook.com

    RINCIAN PINJAMAN APLIKASI
    1) Nama Lengkap: ............
    2) Sex: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan Bulanan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....
    9) Durasi Pinjaman: ...............
    10) Tujuan Pinjaman: ...........

    Anda mengirimkan ini ke perusahaan kami Alamat Email: exxonmobil191@outlook.com

    Terima kasih.

    BalasHapus
  100. tulisannya bagus..cuma tidak disertai referensi yang ada.. sudah banyak yang meminta referensi tetapi tidak ada respon dari penulis..sayang banget..

    BalasHapus
  101. selamat siang mbak kartika. saya lidya pratiwi, mohon bantuan untuk memberi informasi tentang referensu buku teori dukungan sosial ini mbak, krn saat ini saya sedang dalam proses penyusunan skripsi. alamat email saya @lidyapratiwi1595@gmail.com. terima kasih banyak mbak

    BalasHapus
  102. Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
    Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
    Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
    * Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Mobil
    lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 80,000,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

    Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi
     
    Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
    Nama Lengkap (s):
    Usia:
    Alamat jalan:
    negara:
    Nomor kontak:
    Jumlah Pinjaman Diminta:
    Pinjaman Tujuan:
    Durasi Pinjaman:
    Status Pekerjaan:

    Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  103. Selamat malam mbak kartika. Saya Ella Awalina, saat ini saya sedang dalam proses penyusunan skripsi mohon bantuan untuk memberi informasi tentang referensi buku teori dukungan sosial ini mbak. kalau bisa tolong kirim ke alamat email saya ellaawalina09@gmail.com.Terima kasih banyak mbak

    BalasHapus
  104. Halo, saya Mrs Nelly mulia, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang menawarkan pinjaman pada tingkat bunga hanya 2%. kami menawarkan, pinjaman pribadi, kredit mobil, modal usaha, pinjaman pribadi dll untuk individu dan perusahaan yang dalam kesulitan keuangan di bawah persyaratan pinjaman yang jelas dan dan dimengerti. hubungi kami hari ini melalui email sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi: (nellyperious@gmail.com)

    BalasHapus
  105. Selamat malam mbak kartika.Saya sedang dalam proses penyusunan skripsi mohon bantuan untuk memberi informasi tentang referensi buku teori dukungan sosial ini mbak. kalau bisa tolong kirim ke alamat email saya aka.abdillah@gmail.com.Terima kasih banyak mbak

    BalasHapus
  106. Selamat malam mba, boleh saya minta referensi buku dukungan sosialnya mba? Kalau boleh tolong kirim ke alamat email saya pipitshintata@yahoo.co.id terimakasi mba sebelumnya.

    BalasHapus
  107. Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


    Nama lengkap:
    jumlah pinjaman :
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan :
    negara:
    Seks:
    Nomor telepon:
    Tanggal lahir :

    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    JULIETOWENLOANCOMPANY
    (Julietowenloancompany@gmail.com)
    Ibu Juliet

    BalasHapus
  108. Selamat siang mba,boleh saya minta referensi buku dukungan sosialnya? Kalau boleh tolong kirim ke alamat email saya 12090re@gmail.com
    Terimakasih mba

    BalasHapus
  109. tulisan kakak bagus. kak, boleh minta referensi bukunya kak? jika boleh, kirimkan ke email saya kak rezasukma1@gmail.com terimakasih kak.

    BalasHapus
  110. boleh minta referensi bukunya kak tentang dukungan sosial..?
    jika boleh, tolong kirimkan ke email @istikoamh.amaliya@gmail.com

    BalasHapus
  111. selamat siang kakak, boleh minta referensi bukunya gak kak??? tolong kirim ke email rianasinaga@gmail.com...sebelumnya terima kasih

    BalasHapus
  112. Selamat siang, boleh minta sumber tulisan ini untuk penulisan karya ilmiah ? email faradilla025@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  113. boleh minta referensi tentang bentuk-bentuk dukungan sosial ? tlg di email ke viranusantara@gmail.com

    BalasHapus
  114. boleh minta referensi tentang buku yang membahas dukungan sosial? minta tolong kirim ke email saya ya yusisaputri09@gmail.com

    BalasHapus
  115. assalamualaikum mbak, saat ini saya sedang dalam proses penyusunan skripsi mohon bantuannya untuk memberi informasi tentang referensi buku teori dukungan sosial ini mbak. kalau bisa tolong kirim ke alamat email saya ulfazzahra7@gmail.com. semoga berkenan membantu, terimakasih :)

    BalasHapus
  116. boleh minta referensinya mbak, karena saya sedang menyusun proposal variabelnya dukungan sosial, kalay boleh dikirim ke asophiano96@gmail.com trimakasih banyak

    BalasHapus
  117. assalamu'alaikum mbak, boleh minta referensi bukunya.. kalau boleh tlong dikirm ke mail saya ya mbk. marwatiecyanxadja@gmail.com
    terima kasih..

    BalasHapus
  118. assalamualikum mbak, boleh minta referensinya tentang dukungan sosial mbak? karena saya sedang menyusun proposal variabelnya dukungan sosial, kalau boleh dikirim ke elsamultrinanaldi@gmail.com terimakasih banyak

    BalasHapus
  119. Assalamu'alaikum.kak aku juga boleh dong minta referensi buat buku dukungan soaialnya krim ke email gkusniawati@gmail.com makasih yaa ka sebelumnya semoga kebaikan kaka di balas oleh Allah SWT aamiin

    BalasHapus
  120. assalamualaikum kak,aku minta referensi bukunya dong buat penyusunan skripsi,bisa minta tolong kirim ke email herdiyanadeden@gmail.com makasih..

    BalasHapus
  121. kalau boleh dan bisa, saya minta referensi buku dan daftar pustaka yang berkaitan dengan dukungan sosial. dikirim ke email elsha_gusmelinda@yahoo.com
    terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  122. Bila berkenan saya juga ingin minta referensi buku yang digunakan mbak untuk menuliskan daftar pustaka tentang dukungan sosial. Dikirim ke dewipuspita816@gmail.com .
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  123. salam kenal mba, teori yang dipaparkan sangat lengkap mba dan sangat bermanfaat untuk refrensi kepenulisan tentang dukungan sosial, bolehkah saya minta refrensinya mba? kalau boleh tolong kirimkan ke email umilathifah033@gmail.com terimakasih mbaa

    BalasHapus
  124. boleh minta referensi bukunya ? :) bisa via email ke nadillaputria@yahoo.com thankyou..

    BalasHapus
  125. hallo, kak. Saya sedang menyusun Penulisan Ilmiah tentang dukungan sosial. Saya tertarik dengan tulisan yang kakak buat. Bila diizinkan, boleh tidak saya meminta referensi bukunya? Terimaksih kak sebelumnya. Bisa dikirim ke email riskaanggrainips@yahoo.co.id

    BalasHapus
  126. halo kak, boleh minta referensi bukunya? saya sdg menyusun PI dan nyari teori ttg dukungan sosial yg tercantum diatas. kalo boleh bisa tolong kirim ke sheilarahmi@gmail.com makasih sebelumnya kak :)

    BalasHapus
  127. Halo selamat siang, salam kenal. Saya sedang menyusun skripsi mengenai dukungan sosial, boleh minta referensi bukunya? Kalau diperbolehkan, tolong dikirim via email ke fauziaharni25@gmail.com ya. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  128. pagi author, boleh kah saya meminta referensinya? kalau diperbolehkan tolong kirimkan ke chacha2001.cc@gmail.com terimakasih sebelumnya,

    BalasHapus
  129. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  130. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  131. Selamat siang,

    Kami adalah Pemberi Pinjaman yang Sah dan Terkirim. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, kami memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis. Sudahkah anda mencari pinjaman? Anda tidak perlu khawatir, karena Anda berada di tempat yang tepat, saya menawarkan pinjaman dengan bunga rendah 2% jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, saya ingin Anda menghubungi saya melalui email ini. Alamat: mobilfunding1999@gmail.com

    INFORMASI APLIKASI PINJAMAN YANG DIPERLUKAN:

    1) Nama Lengkap: ............
    2) Jenis Kelamin: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Pendapatan bulanan: ......
    8) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: .....
    9) Durasi Pinjaman: ...............
    10) Tujuan Pinjaman: ...........
     
    Terima kasih

    BalasHapus
  132. Halo,
    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak atau Anda memerlukan uang untuk membayar hutang, membeli peralatan dan menyelesaikan kesulitan keuangan ,? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Jangan khawatir lagi karena di sini ada perusahaan pinjaman yang sah yang dikenal dengan pinjaman ELIZABETH CHRISTOPHER dimana pinjaman dibuat mudah bagi individu dan badan hukum yang memenuhi syarat dengan tingkat bunga 2% saja,
    Hubungi kami hari ini via email: elizabethchristopherloan@gmail.com
    DATA PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah kamu melamar dulu?
    16) Apakah Anda berbicara bahasa Inggris:
    17) Tanggal lahir:
    Nyonya Elizabeth.
    Perusahaan pinjaman Elizabeth
    Email: elizabethchristopherloan@gmail.com
    Terima kasih,

    BalasHapus
  133. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  134. Saya Fadila dari Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu / mendidik masyarakat umum tentang cara mendapatkan pinjaman secara online.
    Satu-satunya perusahaan online yang bisa Anda dapatkan pinjaman adalah Dubril Loan Firm.
    Saya menghubungi Dubril Loan Firm saat saya membutuhkan pinjaman yang mendesak dan saya ditawari pinjaman dengan suku bunga 2%.
    Hubungi Dubril Loan Firm via email di dubrilloanfirm@gmail.com.
    Jika Anda memerlukan bantuan atau informasi tentang bagaimana cara memproses pinjaman, silakan hubungi saya melalui email saya bfadilah8@gmail.com.
    Allah memberkatimuSaya membutuhkan pinjaman mendesak untuk dukungan bisnisSaya membutuhkan pinjaman mendesak untuk dukungan bisnis

    BalasHapus
  135. Saya Fadila dari Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu / mendidik masyarakat umum tentang cara mendapatkan pinjaman secara online.
    Satu-satunya perusahaan online yang bisa Anda dapatkan pinjaman adalah Dubril Loan Firm.
    Saya menghubungi Dubril Loan Firm saat saya membutuhkan pinjaman yang mendesak dan saya ditawari pinjaman dengan suku bunga 2%.
    Hubungi Dubril Loan Firm via email di dubrilloanfirm@gmail.com.
    Jika Anda memerlukan bantuan atau informasi tentang bagaimana cara memproses pinjaman, silakan hubungi saya melalui email saya bfadilah8@gmail.com.
    Allah memberkatimuSaya membutuhkan pinjaman mendesak untuk dukungan bisnisSaya membutuhkan pinjaman mendesak untuk dukungan bisnis

    BalasHapus
  136. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  137. Halo kakak selamat sore, salam kenal. Saya sedang menyusun skripsi mengenai dukungan sosial, boleh minta referensi bukunya? Kalau diperbolehkan, tolong dikirim via email ke ndyaingrida.brah@gmail.com ya. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  138. Halo
     Semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. Tolong bergabunglah dengan saya untuk bahagia dan bersyukur kepada perusahaan pemberi pinjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM yang sah.
     Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian Nyonya Nuliana Novi dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman darinya dan dia memberi mereka email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur saja, Awalnya saya sangat takut karena saya telah kehilangan uang saya dengan begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelahnya, pinjaman sebesar RP 700.000.000, saya mengajukan permohonan untuk benar-benar dipindahkan ke akun saya.

    Seluruh proses itu sederhana. Dan pinjaman darurat dengan tarif 2% saya cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk setiap orang yang mencari dorongan tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin berterima kasih terutama kepada Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini.

     Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka dan itu tidak semua, mereka memiliki masa depan yang juga memberikan saran keuangan tentang bagaimana Anda melakukan investasi pinjaman Anda untuk memastikan Anda tidak pernah menjadi miskin lagi dalam hidup Anda dan layanan ini. Bebas, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan. Terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, ini email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua penipu meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya scam. Semoga tuhan memberkati kalian semua
    Terima kasih

    BalasHapus
  139. Nama saya mrs joan Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua peminjam sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya merasa tegang secara finansial, dan dengan putus asa, saya dikenali oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya menghubungi saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal bernama ratu jujur ​​yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800.000.000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat hanya 2 %.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya telah diaplikasikan untuk dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres.

    Jadi jika Anda memerlukan pinjaman apapun, silakan hubungi dia melalui emailnya: frankqueens64@gmail.com Anda juga dapat menghubungi saya di email saya febianjoan@gmail.com dan mr Sety yang saya perkenalkan dan informasikan tentang ratu yang dia dapatkan juga. Pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: faithaminat1@gmail.com Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  140. JAMINAN KEAMANAN JAMINAN



    Namaku Nyonya Loana George, manajer cabang dari JAMINAN KEJUJURAN JAMINAN. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi, hipotek atau keperluan lain? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, entitas swasta dan orang-orang yang dapat dipercaya dengan suku bunga rendah dan terjangkau untuk periode tetap 1-30 tahun dan masa tenggang enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via: (loanageorge11@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) durasi pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    Terima kasih

    BalasHapus
  141. Halo,
    Nama saya Wulan Sari dari Jakarta di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, saya mengajukan pinjaman sekitar 220 juta dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 10 juta Tanpa mengeluarkan pinjaman, mereka berkali-kali meminta bayaran, saya membayar hampir 10 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 4 kali dua wanita yang berbeda di Filipina, saya harap saya akan bertemu dengan benar. Orang, tapi aku tidak.

    Tuhan adalah kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada pinjaman Mrs.Loana George, CEO GUARD TRUST LOAN, dan saya mengajukan 150 juta, saya Pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan
    Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Nyonya Loana George melalui email: loanageorge11@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: sariwulan3600@gmail.com

    Sekali lagi terimakasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  142. KABAR BAIK

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk memulai?
    Saya adalah direktur Nadira Muhammad Loans Limited,
    Layanan pinjaman Nadira Muhammad adalah lisensi kredit investasi legal yang kami tawarkan
    Pinjaman kepada Individu dan bisnis dan menyediakan
    Layanan dan investasi yang dapat diandalkan untuk berbagai tingkat pelanggan / kandidat
    Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / € / Rp) untuk jumlah pinjaman maksimum ($ 700 miliar $ / € / Rp) dengan
    Durasi 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk menyediakan perorangan dan perusahaan
    Organisasi swadaya
    Memenuhi kebutuhan, harapan dan membantu meningkatkan jiwa kita
    Dan komunitas mereka. Butuh pinjaman prom ?? Sekitar
    48 jam layanan penuh bagi pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk memulai
    Segera, kami siap melayani anda
    Temukan pinjaman yang berminat untuk mengisi formulir aplikasi dibawah gaji ..

    BalasHapus
  143. Halo kakak selamat sore, salam kenal. Saya sedang menyusun skripsi mengenai dukungan sosial, boleh minta referensi bukunya? Kalau diperbolehkan, tolong dikirim via email ke lukmanghz@gmail.com ya. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  144. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  145. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  146. Hari baik untuk semua warga negara Indonesia dan juga seluruh ASIA, nama saya adalah Ibu Nurliana Novi, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini mengenai platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah mendukung saya melalui ibu Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa saat mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan kehilangan Rp 15.000.000 dengan pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Nyonya Elina, pemilik perusahaan pinjaman global, jadi teman saya memintaku untuk melamar dari Ibu Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian Dan menghubungi Mrs. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan sehubungan dengan pengalihan kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan pinjaman. Transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya sehingga akun saya dikreditkan sebesar Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doaku dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman awal saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina karena telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman agar dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian tentang kehidupan sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  147. Boleh minta referensi bukunya tidak soalnya buat nyusun skripsi.
    Kirim ke email : loemonggamanalu@gmail.com

    BalasHapus
  148. Assalamualaikum kak, saya sedang penyusunan skripsi apakah boelh saya meminta referensinya kak, saya sangat butuh, boelh dikirim di email saya kak: fitriasa28@yahoo.com
    Terima kasih sebanyak2nya jika kakak sudi membantu saya.

    BalasHapus
  149. Selamat malam mbak kartika.Saya sedang dalam proses penyusunan skripsi mohon bantuan untuk memberi informasi tentang referensi buku teori dukungan sosial ini mbak. kalau bisa tolong kirim ke alamat email saya ruthantiprilicia@gmail.com.Terima kasih banyak mbak

    BalasHapus
  150. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    BalasHapus
  151. Halo kak, apakah blog ini masih aktif? Bolehkah saya minta referensi buku tentang dukungan sosial, kalau boleh minta tolong kirim ke email saya: anung.muthiatihaq95@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  152. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi siapa pun yang membutuhkan bantuan finansial. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, perusahaan dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti hanya dengan suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail agar kami bisa memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@gmail.com)

    BalasHapus
  153. Halo Sir / Madam,

    Saya adalah Ibu Jessica GOMEZ dari Cile Saya mencari pinjaman selama beberapa tahun Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang memiliki saya rune, saya memang berusaha bunuh diri karena mereka. Karena saya memiliki hutang dan tagihan untuk membayar. Saya pikir sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki rasa hidup.
    Tapi untungnya saya telah melihat kesaksian yang dibuat oleh banyak orang tentang Bapak FARIS DARI WIN TRUST MORGAGE, jadi saya menghubungi dia untuk mendapatkan pinjaman saya untuk melunasi hutang saya dan melaksanakan proyek saya. Dengan RONALD FARIS DARI WIN TRUST MORGAGE bahwa hidup tersenyum kembali adalah ratu hati yang sederhana dan sangat komprehensif.
    Jika Anda membutuhkan pembiayaan; Pinjaman pribadi, Refinancing pinjaman, pinjaman Investor, pinjaman mobil, pinjaman konsolidasi Utang, Pinjaman Usaha, Pinjaman Internasional dari setiap proyek, orang ini akan membantu Anda mewujudkannya dan mendukung Anda secara finansial.

    RONALD FARIS
    WHATSAPP NUMBER: +2348159907177
    E-MAIL ADDRESS ----- [dporterwintrustmortgage@outlook.com]
    WIN TRUST MORTGAGES

    BalasHapus
  154. permisi kak, apa saya boleh meminta referensi mengenai dukungan sosial ini? saya sedang mengerjakan skripsi dan butuh sumber mengenai dukungan sosial. jika boleh kirim ke email saya ya kak prameswari.putri007@gmail.com

    BalasHapus
  155. Kabar bagus bagus


    Nama saya Rhoda wiwin dari Indonesia, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berbagi pengalaman masa lalu dan mengingatkan semua pencari pinjaman untuk lebih waras, saya juga menjadi korban dari penipuan ini.

    Saya ingat beberapa bulan terakhir saya mengalami beberapa masalah keuangan yang dapat menyebabkan kebangkrutan perusahaan kecil saya, saya pergi ke bank tapi mereka menuntut agunan dan beberapa hal yang tidak dapat saya berikan, jadi saya mencari dana pinjaman online tapi saya terkejut. karena sudah penuh dengan cheat yang akan memberi tahu Anda berbagai jenis kebohongan hanya bagi Anda untuk membayar biaya transfer atau biaya lisensi atau biaya registrasi, saya tertipu dan saya kehilangan harapan.

    Tapi saya menemukan artikel bagus dari Lady Jane ini, dia bercerita tentang Dangote Loan Company dan bagaimana mereka membantunya mengatasi kesulitan keuangan

    jadi saya menghubungi dia dan bertanya apakah saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar Rp1 miliar dan dia mengatakan kemungkinannya dalam waktu 24 jam saya bisa mendapatkan pinjaman saya dengan bunga 2%

    Jadi saya mendaftar tanpa penundaan dan hari ini saya adalah testimonial dari perusahaan pinjaman Dangote, Perusahaan Pinjaman Dangote yang legit dan nyata untuk membantu, Anda dapat menghubungi Dangote Loan Company melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Hubungi saya melalui email ladyrhodaeny@gmail.com

    BalasHapus
  156. selamat hari semuanya

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa ONE BILLION RISING FUND saat ini menawarkan Pinjaman Jangka Panjang dan Jangka Pendek untuk organisasi individu dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk memperbaiki bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. untuk segala bentuk pinjaman keuangan, ini terjangkau, dengan suku bunga rendah, layanan pinjaman kami berkisar dari jumlah minimum ($ 3.000,00) sampai jumlah maksimum ($ 40.000, .00) dan dengan durasi minimum 1 tahun, dan jangka waktu maksimum 10 tahun yang telah disetujui oleh perusahaan pinjaman, sebelum kami dapat mengarahkan Anda ke bank pengalihan yang akan segera memulai pinjaman Anda, jadi biarlah kami memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut. di bawah.
    via email: onebillionrisingfund@gmail.com
    BBM: D8E814FC
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :::::
    DOLAR
    POUND
    EURO
    RM
    IDR

    hubungi kami sekarang

    BalasHapus
  157. mbakk.. saya butuh skali ini utk skripsi saya.. boleh saya mintak referensinya mbak.. mkasih mbak.. sblmnya..😊😊 klo boleh email saya.. essymarni33@gmail.com

    BalasHapus
  158. mbakk.. saya butuh skali ini utk skripsi saya.. boleh saya mintak referensinya mbak.. mkasih mbak.. sblmnya..😊😊 klo boleh email saya.. essymarni33@gmail.com

    BalasHapus
  159. Selamat pagi kak,
    Materinya sangat bagus, saya ingin minta sumber bacaannya untuk tugas akhir saya, mohon kirimkan ke neclaapara22@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  160. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  161. kak boleh minta buku refrensinya please untuk skripsi

    BalasHapus
  162. HALO; Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 1% untuk membayar hutang Anda atau
    Account atau tujuan bisnis? Jika saya, silahkan hubungi kami hari ini dan kami
    Email perusahaan {adoifloans@gmail.com}

    Nama lengkap:

    Negara:

    Negara:

    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:

    Durasi pinjaman:

    Nomor telepon pribadi:

    Pendapatan bulanan:

    Terima kasih banyak.
    [adoifloans@gmail.com]
    Salam dari
    HUTANG ADOIF

    BalasHapus
  163. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk bisnis atau untuk meningkatkan fasilitas Anda
    Co-operative Guarantor LTD pinjaman kami cepat, mudah dan bebas stres & dengan suku bunga rendah, dapatkan pinjaman Anda di bawah (7) hari kerja.
    Untuk aplikasi pinjaman anda hubungi kami hari ini.

    Bank Email: cooperativeguarrantor@outlook.com
    Bank Number:+1 (360) 686-7331
    Whatsapp Number: +1 (765) 299-9457
    Location: USA

    BalasHapus
  164. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B} facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

    BalasHapus
  165. Halo

    Apakah Anda memerlukan dana pinjaman atau proyek?

    kami dapat membantu Anda dengan itu hanya mengirimkan jumlah yang Anda butuhkan dan tahun Anda akan membayar kembali pinjaman dan telepon tidak dan kami akan kembali kepada Anda

    Pak Adoif Leo
    Manajer

    Email kami di {adoifloans@gmail.com}.

    BalasHapus
  166. kak saya rizki sedang menjalankan Penelitian bolehkah saya meminta referensi teori ini, kalo boleh tolong kirimkan ke email saya ya rizkifauzan97@gmail.com , trimakasih

    BalasHapus
  167. Apakah Anda telah mencari pilihan untuk pembelian rumah baru, konstruksi, real estate pinjaman, refinance, konsolidasi utang, tujuan pribadi atau bisnis pembiayaan?
    Selamat datang di masa depan! Pembiayaan dibuat mudah dengan kami.
    Mengapa menunggu untuk uang yang Anda butuhkan segera?
    Kami memiliki uang tunai untuk pinjaman Anda. Layanan Keuangan pinjaman kami adalah 100% dijamin.
    Menghubungi kami karena kami menawarkan kami jasa keuangan tingkat rendah dan terjangkau bunga 2% tingkat rendah dan terjangkau bunga sebesar 2% berlaku sekarang dan bergabung dengan ribuan pelanggan yang puas.
    Email: zenithloanlimited@gmail.com

    BalasHapus
  168. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  169. Am Maria Marie patricial from indonesian, Ini adalah kisah hidup yang sebenarnya tentang saya dan Dr.Raj di rumah sakit Narayana, yang saya berikan salah satu ginjal saya untuk mendapatkan uang dan dia membayar saya sejumlah uang sejumlah 190.000,00 dolar beberapa hari sebelum transplantasi mengambil tempat, saya dulu sangat miskin dan saya merasa sulit bagi saya untuk makan, saya menemukan sebuah kesaksian yang berbicara tentang bagaimana Dokter Raj memberi kompensasi kepadanya dengan memberi ginjalnya oleh seorang ken Sean yang mengatakan siapa pun yang tertarik
    harus mencobanya dan kembali untuk memberi kesaksian, saya menyalin email sebagai (narayanahealthcare.in@gmail.com) dan mengirim email kepadanya dalam waktu kurang dari tiga jam saya mendapat balasan dari Dokter dan kami menawar dan saya mengambil langkah berani semua perjanjian yang diperlukan, dalam beberapa hari lagi saya mendapat bayaran sebagaimana disetujui oleh kami berdua dan tanggal diambil untuk operasi dan dioperasikan pada saya untuk menyelamatkan pasien tanpa masalah dan saya mendapat uang saldo saya, saya sekarang secara finansial menetap dan tegas, jangan ragu untuk menghubungi rumah sakit (narayanahealthcare.in@gmail.com)
    Masalah keuangan saya sudah berakhir dalam hidup dan saya senang hidup sekarang. TERIMAKASIH TUAN

    BalasHapus
  170. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  171. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  172. KABAR BAIK!!!

    Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus
  173. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang CREDIT UNION DAYA LESTARI di salah satu blog saya menghubungi CREDIT UNION DAYA LESTARI konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    Calls Only ::{+12542276869}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    BalasHapus
  174. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  175. Halo,
    Ini adalah untuk memberi tahu Anda tentang perusahaan pinjaman yang disetujui oleh pemerintah yang memiliki kepentingan mereka yang tidak dapat memenuhi kebutuhan finansial hidup mereka. Perusahaan ini baru saja tiba dan siap meminjamkan kepada setiap individu atau perusahaan yang membutuhkan pinjaman (dari $ 5,000.00 - $ 1,000,000,000.00) untuk membayar interval waktu minimum lima (5) tahun dan maksimum tiga puluh lima 35) tahun dan pada suatu tingkat bunga 2%. Bahkan uang apa pun yang diperlukan, dana akan dikirim ke rekening bank pribadi Anda dalam waktu 2 jam dari aplikasi dan tidak ada biaya tersembunyi.
    Kami menyarankan Anda memanfaatkan peluang ini. Untuk mengajukan permohonan pinjaman, kirim permintaan kepada kami hari ini di (NATWESTLOANCOMPANY321@gmail.com) dan Anda akan dikirimi formulir aplikasi resmi untuk diisi, segera setelah Anda mulai memproses, pinjaman pertama ditransfer ke bank pribadi Anda rekening.
    Kembalilah kepada kami hari ini dan Anda akan senang memilikinya karena layanan kami memuaskan. Dan bisa diandalkan
    Hormat kami, Silakan hubungi kami untuk hari ini melalui email ini (NATWESTLOANCOMPANY321@GMAIL.COM)

    BalasHapus
  176. halo kak, boleh minta refrensi bukunya ga? untuk keperluan skripsi kak, kalau boleh kirimin ke email aku ya Susanlivinia42@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbak, apakah sudah dapat balasan mengenai referensi bukunya?

      Hapus
  177. Selamat siang mba, dengan hormat saya minta izin untuk referensinya untuk keperluan tugas akhir karena berhubungan dengan dukungan sosial. Jika boleh, bisa kirim ke email Afnialfiyani30@gmail.com terima kasih sebelumnya mba, semoga sehat selalu😊

    BalasHapus
  178. Kami menawarkan pinjaman dengan persyaratan yang sangat fleksibel Suku bunga kami bervariasi tergantung pada jumlah yang diminta dan jangka waktu penyelesaian Suku bunga kami relatif rendah dan bervariasi antara 1% dan 1,60%. Pilih Personal Loan adalah untuk mendapatkan keuntungan dari suku bunga tetap. Antara 1% dan 1,60% itu tidak berubah selama masa pinjaman Anda Anda yang memilih jumlah dan waktu yang paling sesuai untuk Anda Dengan Personal Loan, Anda dapat meminjam sejumlah € 3.000 hingga € 5.000.000 selama periode 12 sampai 240 bulan

    Kami mendukung pendanaan proyek Anda seperti pembangunan rumah Anda, kantor, peternakan, kami mendukung rencana perjalanan Anda, perusahaan Anda, atau proyek yang Anda butuhkan untuk pendanaan eksternal.

    Kami memberikan pinjaman untuk individu: pinjaman pribadi untuk konsumsi, pinjaman immobillier, pelunasan kredit, penebusan utang untuk memenuhi semua utang Anda menjadi satu pinjaman, pinjaman pendidikan bagi siswa, siap membiayai pembelian mobil Anda.


    Perusahaan: RAMADHAN ISLAMIYAT PINJAMAN
    Alamat: 110 2 Ave SW, Calgary, Alberta, Prancis
    Telepon / WA: +2348050300854
    E-mail: (ramadhanislamiyatloans@gmail.com)

    BalasHapus
  179. Boleh minta referensi bukunya?
    Terima kasih sebelumnya🙏

    BalasHapus
  180. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  181. pagi mba, apa boleh saya minta dikasih tau buku referensi mengenai dukungan sosial? apabila diperkenankan dikirim ke email katanoviarini@gmail.com. atau ada teman2 yg lain yg tahu bisa kasih tau saya juga.. nuhun :)

    BalasHapus
  182. Nama saya adalah Okta Mira Anda dipersilakan untuk ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah defisit keuangan menjadi individu yang kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang bertekad dan memiliki sumber daya keuangan yang baik tempat berselingkuh atau merampok Orang-orang dari uang mereka adalah tabu tempat di mana Anda dilengkapi secara finansial untuk mengatasi kekurangan keuangan saya telah mengulurnya itulah sebabnya saya datang ke sini untuk memberi tahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY adalah untuk menyediakan dana dalam mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:
    ✓ Tagihan Rumah Sakit
    ✓ Renovasi Rumah
    ✓ Pembesaran Bisnis
    ✓ Refinancing Ekstensi Pertanian
    ✓ Penambangan Emas
    ✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi Semua ini dan banyak lagi
    email:{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
        WhatsApp Only :: {+33753893351}
         BBM INVITES: {D8980E0B,4424A}

    BalasHapus
  183. bagus banget artikelnya, saya minta izin kalau boleh kirim daftar referensinya untuk membuat makalah ke email saya akbarseptiya@gmail.com terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  184. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN COMPAMY di salah satu blog saya menghubungi ISKANDAR LESTARI LOAN COMPAMY konsultan kredit via email:(iskand=alestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    BalasHapus
  185. Halo di mana Anda ditolak oleh bank dan Anda memerlukan pinjaman untuk rumah, tagihan, proyek, pinjaman aman dan tidak aman, pajak, pinjaman pribadi, membeli mobil, untuk membuat bisnis Anda sendiri, hutang keluarga atau membuat restoran atau upgrade hotel, menghadapi kebuntuan finansial yang disebabkan oleh bank, dengan menolak file aplikasi pinjaman?

    Saya dapat mendanai jumlah yang Anda butuhkan mulai dari $ 20.000 - $ 50 juta dan di atas tingkat bunga di seluruh dunia sebesar 2%. Syarat dan ketentuan yang membuat hidup lebih mudah. Bank dilarang Anda atau Anda tidak menyukai bank, untuk info lebih lanjut Silakan hubungi saya via



    WhatsApp: +15105565941



    Teks: +15105565941



    Email: bettywloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  186. Dia ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Allah atas apa yang dia gunakan untuk Ibu Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota klang di malaysia, saya seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal di dalam mobil. kecelakaan dan sejak itu hidup menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Malaysia dan ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan sangat sedih
    Pada hari istimewa ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Annisa tentang bagaimana dia dipinjam dari Ibu Rossa dan menghubunginya untuk menanyakan tentang pinjaman ibu Rossa dan bagaimana dia sebenarnya meminjam dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepadanya untuk menjadi benar dan dia menghubunginya dan Rossa mengajukan permohonan pinjaman dan pinjaman sedang diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya menerima pembayaran sekaligus di rekening bank dan ketika saya memeriksa akun saya, pinjaman itu begitu utuh dan sangat bahagia dan dijanjikan bahwa itu akan membantu memberikan informasi kepada orang lain tentang perusahaan peminjam, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi lebih lanjut dan juga teman saya A Anisa Barkarya melalui email: annisaberkarya@gmail.com

    BalasHapus
  187. Dia ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Allah atas apa yang dia gunakan untuk Ibu Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota klang di malaysia, saya seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal di dalam mobil. kecelakaan dan sejak itu hidup menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Malaysia dan ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan sangat sedih
    Pada hari istimewa ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Annisa tentang bagaimana dia dipinjam dari Ibu Rossa dan menghubunginya untuk menanyakan tentang pinjaman ibu Rossa dan bagaimana dia sebenarnya meminjam dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepadanya untuk menjadi benar dan dia menghubunginya dan Rossa mengajukan permohonan pinjaman dan pinjaman sedang diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya menerima pembayaran sekaligus di rekening bank dan ketika saya memeriksa akun saya, pinjaman itu begitu utuh dan sangat bahagia dan dijanjikan bahwa itu akan membantu memberikan informasi kepada orang lain tentang perusahaan peminjam, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi lebih lanjut dan juga teman saya A Anisa Barkarya melalui email: annisaberkarya@gmail.com

    BalasHapus
  188. Maaf author, boleh minta tolong untuk bantu saya? Bila author berkenan, bolehkah saya mengetahui referensi buku mengenai teori dukungan sosial? Ini email saya tinaginting97@yahoo.com
    Terimakasih 🙏🏻

    BalasHapus
  189. Adakah anda memerlukan pinjaman kecemasan? pinjaman untuk memulakan a
    syarikat atau membayar
    invois maka anda berada di tempat yang betul, sila hubungi kami secepat mungkin
    hari ini di
    finance.micro1@gmail.com

    nama belakang:
    jumlah pinjaman yang diperlukan:
    seks:
    country:
    telefon:

    NOTA: Semua surat mesti dihantar ke: finance.micro1@gmail.com

    BalasHapus
  190. Assalamualaikum kak mohon maaf boleh saya minta referensi bukunya

    BalasHapus
  191. Selamat siang mba saya sedang menyusun skripsi mengenai dukungan sosial apakah boleh saua minta refrensi buku dan daftar pustaka nya di kirim ke email

    Muhdarfadil111@gmail.com

    Makasih

    BalasHapus
  192. Kabar baikAllah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  193. Kabar baikAllah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kota
    Nama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  194. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

    Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.
    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.

    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  195. Siang Mba. boleh minta referiensi bukunya? tks. alamat email sanangdince@yahoo.co.id

    BalasHapus
  196. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    BalasHapus
  197. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus